BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 25 Desember 2008

Deteksi Virus HIV dengan HP


Pernah pergi ke rumah sakit karena panas tinggi? Jika penah pasti si Dokter akan menyarankan untuk memeriksa darah anda ke Laboratorium untuk mengetahui apakah anda mengalami demam berdarah atau tifus, dlll. Proses tes darah ini biasanya butuh waktu yang cukup lama, paling cepat 15 menit, itupun jika tidak antre dan si laboran lagi berbaik hati mau bekerja dengan semangat. Tes seperti ini juga memakan biaya yang tidak bisa dikatakan murah.

Mengetahui permasalahan seperti ini, para peneliti dari UCLA mengembangkan (atau lebih tepatnya menghancurkan :tinju: ) sebuah ponsel agar bisa dipergunakan sebagai penganalisa darah. Salah seorang penelitinya, Dr. Aydogan Ozcan membuat sebuah peranti lunak/software yang dapat menganalisa sampel darah yang diambil oleh sebuah kamera yang telah dimodifikasi. Dengan modifikasi ini kamera tersebut mampu mengambil gambar sampel darah dengan ketentuan yang diinginkan (seperti faktor cahaya, dll). Software tadi adalah kucinya. Ia bertugas untuk menganalisa ribuan sel darah sekaligus dan mendapatkan hasil yang akurat hanya dalam beberapa menit saja.

Tapi kalo ponselnya sudah dimodifikasi seperti itu, siapa yang masih mau memakainya sebagi ponsel? malu donk ah banyak plesternya gitu :lirik:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar