BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 25 Desember 2008

Kemajuan Teknologi Jadikan Telepon Seluler Kebutuhan Primer

SAN DIEGO-Sekarang telepon seluler sudah lebih banyak dari telepon fix line. Bagi penggunanya, telepon ini sudah seperti bagian dari busananya. Ke mana ia keluar pasti telepon genggam dikenakan.
Kegunaannya selain untuk komunikasi suara juga untuk mengirim pesan singkat, memotret, mendengarkan lagu, yang paling mutakhir menerima e-mail, dan nonton video. Ternyata, penggunaannya bisa untuk lebih banyak lagi.
Begitulah impian para perusahaan sebagai tersirat dalam acara konferensi teknologi DEMOfall2006 di San Diego, AS. Telepon seluler, nantinya, bisa untuk memindai dokumen, mengubah foto, dan memantau podcasts.
Fitur pertama diatas diperkenalkan scanR Inc dan Realeyes3D SA. Mereka memperkenalkan layanan online di mana pengguna bisa memotret kartu nama, papan tulis, dan halaman dokumen. Kemudian citra ini dikirimkan ke server mereka, dan citra itu diubah menjadi dokumen digital yang bisa diakses online dan bisa dikirimkan lewat e-mail maupun faksimile. Tentu saja layanan itu sekarang masih gratis, dan biayanya masih akan diumumkan kemudian hari.
Perusahaan lain, Fonpods Inc, memperkenalkan layanan gratis jika diminta untuk mengirimkan podcast ke telepon seluler. Podcast merupakan berkas multimedia seperti audio atau video yang disalurkan melalui jaringan internet. Awalnya podcast dikirim ke pemutar media digital genggam, seperti iPod. Namun sekarang dengan berkembangnya kemampuan teknis telepon seluler menjadikan podcast yang asal katanya dari gabungan iPod dengan broacasting, atau versi lainnya singkatan portable broadcasting, sudah menjadi fitur baru dari telepon genggam.
Layanan ini bahkan bisa diakses melalui saluran kabel maupun saluran internet yang sesuai dengan kemampuan jenis telepon genggam. Para pengguna harus membuka situs Fonpods dulu untuk bisa mendapatkan layanan ini. Mereka juga bisa mengubah saluran untuk mendapatkan podcast favorit mereka. Setiap kali ingin dengar siaran kesukaannya tinggal memutar nomor Fonpods.
Buat mereka yang masih bingung dengan cara mengirimkan foto melalui layanan MMS, sekarang ada PixSense Inc. Perusahaan ini menawarkan unggah (upload) langsung setiap kali Anda memotret dengan kamera di telepon seluler. Juga setiap rekaman video yang dibuat akan diunggah dalam situs mereka dan para pengguna situs bisa menyebarkan (share) rekaman itu.
Citra ini bisa juga dikirimkan ke blogs atau situs lainnya, atau hanya sekadar disimpan dalam arsip. Semua ini diperintahkan hanya lewat telepon.
Layanan teknologi ini rencananya akan digabungkan PixSense dengan perusahaan provider telepon genggam tertentu. Provider itu yang akan menetapkan biaya layanan ini.
Perkara foto memang sudah sukar dipisahkan dari telepon seluler. PhotoCrank Inc memberikan layanan para pemotret melalui telepon seluler untuk menambahkan teks keterangan foto maupun imbuhan tampilan nyeni pada foto sebelum dikirimkan ke rekanan. Setiap foto yang digubah akan dikenakan biaya 30 sen dolar AS, atau sekitar 3.000 rupiah lebih.
Dan yang lebih merakyat lagi adalah upaya Flurry Inc untuk menjadikan fitur kemampuan akses email menjadi milik seluruh jenis telepon seluler, bukan cuma Treo, Blueberry, atau mereka mahal dan canggih lainnya. Flurry memberikan para penggunanya jasa untuk secara langsung mengirim e-mail ke nomor telepon seluler anggotanya. Layanan ini juga bisa dibebani dengan attachment di e-mail. Jadi foto, atau dokumen dalam format .pdf bisa dibuka dan diubah ukurannya di telepon genggam Anda.
Betulkan, telepon seluler jadi seperti busana? Tidak bisa tidak harus Anda kenakan terus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar